Minggu, 04 Oktober 2015

NETWORK LAYER

       



      Pada kali ini saya akan membahas tentang “Network Layer”. Apa itu network layer? Network layer adalah lapisan ketiga dari bawah pada model OSI layer yang bertanggung jawab atas pengiriman paket dari host sumber atau source ke host tujuan atau destination.

Fungsi Network Layer

        1. Internetworking
      Network layer yang memungkinkan komunikasi data antar host melalui berbagai network yang            heterogen internetwork.
      

        2. Addressing
      Fungsi dari Addressing adalah untuk pengalamatan dengan tujuan identifikasi host dalam jaringan       internet. Alamat untuk network layer disebut juga Logical Address atau IP Address.
       Panjang IPv4 yaitu 32-bit, kemungkinan jumlah alamat IPv4 yaitu 4.294.967.296 alamat IP


        3. Routing
      Routing berfungsi untuk mengatur rute yang akan dilewati paket dalam pengiriman data dari host       sumber ke host tujuan. Gambar dibawah merupakan network layer di host sumber dan host   tujuan.


        4. Packetizing
       Packetizing atau pembungkusan berfungsi untuk melakukan enkapsulasi, data dari layer                       sebelumnya dibungkus menjadi paket.
5. Fragmenting
    Fragmenting berfungsi untuk membagi paket menjadi beberapa bagian. Dilakukan pembagian             disebabkan batasan ukuran frame untuk jaringan fisik yang akan dilewatinya.

   MTU (Maximum Transfer Unit)
  Merupakan ukuran dari paket data yang terbesar yang dapat ditransmisikan melalui sebuah jaringan.

   Contoh Fragmenting:

0 komentar:

Posting Komentar