Senin, 05 Oktober 2015

NETWORK DEVICES



Pada materi tentang Network Device ini, kita akan membahas tentang host, transmission media, interface, dan connection devices.


HOST




TRANSMISSION MEDIA

-  Cable


- Coaxial Connector
  

- Twisted Pair Connector

- Fiber Optic Connector



INTERFACE

Interface merupakan antarmuka antara station/node tertentu dan jaringan, setiap network interface memiliki alamat physical address tertentu. Penentuan jenis network interface yang akan digunakan, berdasarkan media transmisi, topologi jaringan dan tipe koneksi.

Contoh 10Base-T Implementation

Contoh 10Base-F Implementation



CONNECTING DEVICES

Dalam connectiong devices, terdapat beberapa perangkat yang bisa digunakan dalam koneksi jaringan yaitu repeater, hub, bridge, switch, dan router.

- Repeater
  Untuk menguatkan kembali sinyal dari kabel LAN, dan memancarkannya dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli LAN yang lain. 

- Hub
  Untuk konsentrator, perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation. sinyal yang diterima dari suatu port akan diteruskan ke semua port.

- Bridge
  Fungsinya hampir sama dengan repeater namun lebih cerdas dan fleksibel.

- Switch
  fungsinya juga hampir sama dengan fungsi dari hub namun switch lebih cerdas dibandingkan dengan hub. Sinyal yang diterima dari satu port akan diteruskan ke port tertentu sesuai tabel filter.

- Router
  Merupakan alat yang menghubungkan beberapa network, dan berfungsi juga untuk menentukan rute.




Berdasarkan gambar yang ada dibawah ini terlihat bahwa repeater dan hub beroperasi pada layer physical, bridge dan switch beroperasi pada layer physical dan data link. Dan untuk router beroperasi pada layer physical, data link, dan network.





Sumber Materi: http://xaverius.najoan.net/index.php/lectures/18-jaringan-komputer

0 komentar:

Posting Komentar