Senin, 03 April 2017

PEKERJAAN DAN MEWAWANCARAI SUATU PEKERJAAN


Pada materi yang pernah dibahas sebelumnya yaitu disini. Dapat kita lihat bahwa pekerjaan itu adalah suatu kegiatan atau suatu tindakan yang menghasilkan sesuatu yang biasanya berupa materi atau suatu kegiatan yang tidak bergantung pada suatu keahlian tertentu atau khusus. Ciri-ciri agar dikatakan suatu pekerjaan yaitu diantaranya:

  • Pekerjaan belum tentu bisa dikatakan sebagai suatu profesi
  • Tidak membutuhkan latar belakang pendidikan tertentu atau khusus.
  • Semata hanya berorientasi pada materi untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari.
  • Tidak terlalu membutuhkan pengetahuan atau keahlian khusus dalam melakukannya.
Dan pada kesempatan kali ini saya akan melakukan suatu wawancara pada salah satu pekerjaan yang ada disekitar saya.



Wawancara Pekerjaan


Masuk pada pembahasan tentang wawancara suatu pekerjaan, untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Etika Profesi, yaitu mewawancarai salah satu pekerjaan yang ada disekitar, maka saya melakukan wawancara kepada salah satu pedagang yang ada di Manado yaitu saya melakukan wawancara dengan salah satu pedagang stiker yang ada di Manado, lokasi berjualannya ada di sekitaran daerah Malalayang. Saya melakukan wawancara dengan pedagangnya yaitu dengan bapak Wano. 

Hasil wawancara saya sebagai berikut, awalnya bapak ini bekerja sebagai penjual koran lalu setelah beberapa lama bekerja bapak ini mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit uang, setelah uang untuk modal mulai terkumpul sekitaran sejutaan, bapak ini mencoba untuk membuka usahanya bersama dengan temannya, sekarang pak Wano sudah membuka usaha jualannya yaitu sebagai penjual stiker namun ternyata bukan hanya stiker saja yang dijual oleh bapak ini tetapi ada juga kacamata bahkan sampai gantungan kunci dan aksesoris-aksesoris lain. 

Bapak ini sudah berjualan sekitar setahun lebih dengan penghasilan per hari katanya bisa mencapai Rp 200.000 bahkan bisa saja lebih jika lagi banyak rejeki, semua usaha yang dikerjakan bapak ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan keluarganya. Harga dari stiker yang kecil Rp 5.000 dan Rp 20.000 untuk stiker yang besarnya, kalau kacamata harganya Rp 20.000 sampai Rp 50.000, gantungan kunci juga harganya bervariasi. Selama menjalani pekerjaan ini banyak suka duka yang sudah bapak ini alami, dukanya kalau yang sekarang ya karena musim hujan yang tidak menentu membuat bapak ini bekerja extra agar dagangannya tetap aman dari hujan, untuk sukanya kalau banyak pembeli lagi ramai-ramainya membeli stiker yang dijual bapak ini, rejekinya makin bertambah. Demikian rangkuman dari hasil wawancara yang saya lakukan pada penjual stiker.

0 komentar:

Posting Komentar